Visitors

Rabu, 30 September 2015

Perilaku Konsumen (Softskill)


1) a. Cari tentang devinisi perilaku konsumen!
     b. Cari tentang devinisi produsen!
     c. Cari tentang devinisi ruang lingkup kegiatan ekonomi!
2) Cari tentang masalah market price!
3) Cari tentang masalah pasar dan mekanisme!

Jawab :
1) a. Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan
         pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa
         demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
     b. Produsen dalam ekonomi adalah orang yang menghasilkan barang dan jasa untuk
         dijual atau dipasarkan. Orang yang memakai atau memanfaatkan barang dan jasa hasil
         produksi untuk memenuhi kebetuhan adalah konsumen.  
     c. - Ekomi Mikro
Ekonomi Mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian bagian kecil (aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis
dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan
produsen secara individua dalam pasar. Sikap dan perilaku konsumen tercermin
dalam menggunakan pendapatan yang diperolehnya, sedangkan sikap dan perilaku
produsen tercermin dalam menawarkan barangnya. Jadi inti dalam ekonomi mikro
adalah masalah penentuan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan
dengan teori harga (price theory).
Tujuan dan sasaran analisis ekonomi mikro lebih dititikberatkan kepada bagaimana
membuat pilihan untuk;
1) mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber, dan
2) mencapai kepuasan yang maksimum.
         - Ekonomi Makro
Ekonomi Makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari
mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregate)
berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar
kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan. Apabila yang dibicarakan masalah
produsen, maka yang dianalisis produsen secara keseluruhan, demikian halnya jika
konsumen maka yang diananlisis adalah seluruh konsumen dalam mengalokasikan
pendapatannya untuk membeli barang/jasa yang dihasilkan oleh perekonomian.
Demikian juga dengan variabel permintaan, penawaran, perusahaan, harga dan
sebaginya. Intinya ekonomi makro menganalisis penentuan tingkat kegiatan
ekonomi yang diukur dari pendapatan, sehingga ekonomi makro sering dinamakan
sebagai teori pendapatan (income theory).
Tujuan dan sasaran analisis ekonomi makro antara lain membahas masalah
1) sisi permintaan agregate dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi, dan
2) pentingnya kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi
kegiatan ekonomi yang diinginkan.

2) Market Price atau harga pasar adalah harga yang dibayarkan oleh konsumen untuk suatu
     produk. Untuk sebagian besar produk, harga pasar adalah suatu harga pasar
     keseimbangan yang terbentuk dari interaksi permintaan dan penawaran, walaupun
     demikian pajak tidak langsung seperti PPN atau subsidi dapat mengubah harga pasar
     keseimbangan itu.

3) Mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan
     harga sampai pasar menjadi seimbang(jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang
     diminta).
     Mekanisme pasar tidak dapat berfungsi tanpa keberadaan aturan yang dibuat
     pemerintah. Peranan pemerintah menjadi lebih penting karena mekanisme pasar saja
     tidak bisa menyelesaikan semua persoalan ekonomi. Untuk menjamin efisiensi,
     pemerataan dan stabilitas ekonomi, peran dan fungsi negara mutlak diperlukan dalam
     perekonomian sebagai pengendali mekanisme pasar. Walaupun dalam sistem ekonomi
     pasar, masalah ekonomi utama diserahkan kepada mekanisme pasar, namun  pada
     beberapa kasus tertentu pemerintah tetap harus campur tangan untuk menghindari
     kekacauan dalam bidang ekonomi.
     Dalam sistem pasar apa saja memiliki harga, yang merupakan nilai suatu barang dalam
     satuan mata uang. Harga mencerminkan kondisi dimana seseorang atau parusahaan
     bersedia mengadakan tukar menukar secara sukarela . Bila saya membeli sebuah honda
     bekas dari seorang dealer seharga $3.150, maka itu berarti Honda bekas itu nilainya lebih
     tinggi dari $3.150 untuk saya , dan bagi si dealer nilai $3.150 lebih tinggi dari nilai Honda
     bekas tersebut . Dengan uang sejumlah itu,saya tidak bisa memperoleh sesuatu yang
     lebih bernilai daripada Hoda bekas tersebut. Dan pihak dealer tidak bisa menemukan
     seorang yang mau membayar Honda bekas lebih mahal. Dan itu merupakan pasar mobil
     sudah menetapkan harga untuk barang tersebut dan melalui perdagangan atau tukar
     menukar secara suka rela , telah mengalokasikan produknya ke orang yang paling
     membuthkan dan paling tinggi imbalannya.


Referensi: