Pertanyaan :
Hubungkan dan jelaskan karakteristik pembeli
dengan keberhasilan pemasaran!
Jawaban :
Tujuan
pemasaran yaitu
untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen. Untuk itu diperlukan
pemahaman tentang karakteristik konsumen untuk mempelajari bagaimana
individu, kelompok, dan organisasi dalam memilih, membeli, menggunakan barang,
jasa dan ide untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka.
Salah satu fokus utama penelitian konsumen adalah untuk
mengidentifikasi karakteristik inovator dan perbedaan mereka dari konsumen
lainnya. Ulasan terhadap penelitian yang dilakukan ini menemukan bahwa inovator
cenderung lebih berpendidikan dan lebih muda serta lebih memiliki mobilitas
sosial, memiliki lebih banyak sikap yang cocok untuk menghadapi risiko (sikap
petualang), partisipasi sosial yang lebih tinggi, dan lebih memiliki sikap
kepemimpinan ketimbang konsumen lainnya.
Inovator cenderung adalah pengguna berat produk-produk
lain dalam kelas produk yang sama. Inovator dapat memiliki struktur pengetahuan
yang berkembang lebih baik untuk suatu kategori produk tertentu. Hal ini
memungkinkan mereka untuk mengerti dan mengevaluasi produk-produk baru lebih
cepat, dan dengan demikian juga lebih cepat mengadopinya ketimbang konsumen
lainnya.
Para tenaga pemasaran mengidentifikasi ada 4 faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen.
a.
Pengaruh Psikologis
·
Motivasi
Kebutuhan manusia diatur menurut sebuah hirearki, dari yang paling mendesak sampai paling tidak mendesak. Ketika kebutuhan yang paling mendesak itu sudah terpuaskan, kebutuhan tersebut berhenti menjadi motivator, dan orang tersebut akan kemudian mencoba untuk memuaskan kebutuhan paling penting berikutnya.
Kebutuhan manusia diatur menurut sebuah hirearki, dari yang paling mendesak sampai paling tidak mendesak. Ketika kebutuhan yang paling mendesak itu sudah terpuaskan, kebutuhan tersebut berhenti menjadi motivator, dan orang tersebut akan kemudian mencoba untuk memuaskan kebutuhan paling penting berikutnya.
·
Persepsi
Persepsi adalah proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, dan menerjemahkan informasi untuk membentuk sebuah gambaran yang berarti dari dunia.
Persepsi adalah proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, dan menerjemahkan informasi untuk membentuk sebuah gambaran yang berarti dari dunia.
·
Pembelajaran
Pembelajaran adalah suatu proses, yang selalu berkembang dan berubah sebagai hasil dari informasi terbaru yang diterima atau dari pengalaman sesungguhnya.
Pembelajaran adalah suatu proses, yang selalu berkembang dan berubah sebagai hasil dari informasi terbaru yang diterima atau dari pengalaman sesungguhnya.
·
Sikap
Sikap adalah evaluasi, perasaan suka atau tidak suka, dan kecenderunagn yang relative konsisten dari seseorang pada sebuah obyek atau ide.
Sikap adalah evaluasi, perasaan suka atau tidak suka, dan kecenderunagn yang relative konsisten dari seseorang pada sebuah obyek atau ide.
b.
Pengaruh Pribadi
·
Situasi Ekonomi
Keadaan ekonomi seseorang
akan mempengaruhi pilihan produk, contohnya rolex diposisikan konsumen kelas
atas sedangkan timex dimaksudkan untuk konsumen menengah.
·
Gaya Hidup
Orang-orang yang datang dari
kebudayaan, kelas sosial, dan pekerjaan yang sama mungkin saja mempunyai gaya
hidup yang berbeda.
·
Kepribadian
Kepribadian adalah
karakteristik unik dari psikologi yang memimpin kepada kestabilan dan respon
terus menerus terhadap lingkungan orang itu sendiri.
c.
Pengaruh Sosial
·
Grup
Sikap dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak grup-grup kecil. Kelompok dimana orang tersebut berada yang mempunyai pengaruh langsung disebut membership group.
Sikap dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak grup-grup kecil. Kelompok dimana orang tersebut berada yang mempunyai pengaruh langsung disebut membership group.
·
Keluarga
Keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian, para pelaku pasar telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri, dan anak dalam pembelian produk dan servis yang berbeda.
Keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian, para pelaku pasar telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri, dan anak dalam pembelian produk dan servis yang berbeda.
·
Peran dan Status
Seseorang memiliki beberapa
kelompok seperti keluarga, perkumpulan-perkumpulan, organisasi. Tiap peran membawa sebuah
status yang merefleksikan penghargaan umum yang diberikan oleh masyarakat.
d.
Pengaruh Budaya
·
Subkultur
Sekelompok orang yang berbagi system nilai berdasarkan persamaan pengalaman hidup dan keadaan, seperti kebangsaan, agama, dan daerah.
Sekelompok orang yang berbagi system nilai berdasarkan persamaan pengalaman hidup dan keadaan, seperti kebangsaan, agama, dan daerah.
·
Kelas Sosial
Kelompok sosial tidak hanya
ditentukan oleh satu faktor saja misalnya pendapatan, tetapi ditentukan juga
oleh pekerjaan, pendidikan, kekayaan, dan lainnya.
Dalam dunia pemasaran, konsumen adalah hal yang
perlu diperhatikan, jika suatu perusahaan atau pedagang tidak memiliki konsumen,
maka akan sia-sia barang yang diperdagangkan. Oleh
karena itu keberhasilan pemasaran sangat penting.
Mengapa
produsen perlu memperhatikan karakteristik pembeli?
Dikarenakan, hubungan produsen/perusahaan dan konsumen/pembeli saling ketergantungan,
perusahaan memproduksi produk dan konsumen membelinya, perusahaan sebagai pihak
produsen memantau produk apa yang diinginkan konsumen masa kini, inilah
penyebab bahwa pentingnya peran produsen/perusahaan bagi konsumen.
Nama : Ulfatun Uswah
NPM : 19213041
Kelas : 3ea33
Matkul : Softskill (Perilaku Konsumen)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar