Visitors

Jumat, 22 November 2013

Aspek Ilmu Pengetahuan dalam Al-Qur'an


Al-Qur'an adalah firman Allah yang di dalamnya terkandung banyak sekali sisi keajaiban yang membuktikan fakta kehidupan. Salah satunya adalah fakta bahwa sejumlah kebenaran ilmiah yang hanya mampu kita ungkap dengan teknologi abad ke-20 ternyata telah dinyatakan Al-Qur'an sekitar 1400 tahun lalu. Tetapi, Al-Qur'an tentu saja bukanlah kitab ilmu pengetahuan. Namun, dalam sejumlah ayatnya terdapat banyak fakta ilmiah yang dinyatakan secara sangat akurat dan benar yang baru dapat ditemukan dengan teknologi abad ke-20. Fakta-fakta ini belum dapat diketahui di masa Al-Qur'an diwahyukan dan ini semakin membuktikan bahwa Al-Qur'an adalah firman Allah.

Beberapa aspek ilmu pengetahuan yang terkandung dalam Al-Qur'an, antara lain:

1.   Al-Qu’an dan Astronomi
·      Penciptaan Alam Semesta
Penciptaan alam semesta digambarkan dalam Al-Qur’an pada pada ayat berikut:
“Dialah pencipta langit dan bumi.” (Al-Qur’an, 6:101)
·      Pemisahan Langit dan Bumi
“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? “ (Al-Qur’an, 21:30)
·      Bentuk Bulat Planet Bumi
“Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam…” (Al-Qur’an, 39:5)
·      Langit yang Mengembalikan
“Demi langit yang mengandung hujan.” (Al-Qur’an, 86:11)
·      Mengembangnya Alam Semesta
“Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya.” (Al-Qur’an, 51:47)
·      Garis Edar
“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (Al-Qur’an, 21:33)
“Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (Al-Qur’an, 36:38)
·      Atap yang Terpelihara
“Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (Kekuasaan Allah) yang ada padamya.” (Al-Qur’an 21:32)

2.   Al-Qur’an dan Planet Bumi
·      Lapisan-lapisan Atmosfer
“Dia-lah Allah yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Al-Qur’an, 2:29)
“Kemudian Dia menuju langit, dan langit itu masih merupakan asap. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya.” (Al-Qur’an, 41:11-12)
·      Angin yang Mengawinkan
“Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan dan Kami turunkan hujan dari langit lalu Kami beri minum kamu dengan air itu dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.” (Al-Qur’an, 15:22)
·      Kegelapan dan Gelombang di Dasar Lautan
“Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barang siapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.” (Al-Qur’an, 24:40)
·      Pembentukan Hujan
“Dialah yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira.” (Al-Qur;an, 30:48)
·      Fungsi Gunung
“Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka…” (Al-Qur’an, 21:31)
·      Lautan yang Tidak Bercampur Satu Sama Lain
“Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian beretmu, antara keduanya ada batas yang tak dapat dilampaui oleh masing-masing.” (Al-Qur’an, 55:19-20)
·      Kadar Hujan
“Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur)” (Al-Qur’an, 43:11)
·      Pergerakan Gunung
“Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal dia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Qur’an, 27:88)

3.   Informasi Mengenai Peristiwa Masa Depan dalam Al-Qur’an
“Sesungguhnya Allah akan membuktikan kepada Rosul-Nya tentang kebenaran mimpinya dengan sebenarnya (yaitu) bahwa sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman, dengan  mencukur rambut kepala dan mengguntingnya, sedang kamu merasa tidak takut. Maka Allah mengetahui apa yang tiada kamu ketahui, dan Dia memberikan sebelum itu kemenangan yang dekat.” (Al-Qur’an, 48:27)
·      Kemenangan Bizantium
“Alif, Lam, Mim. Telah dikalahkan bangsa Romawi, di negeri yang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang, dalam beberapa tahun (lagi). Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang).” (Al-Qur’an, 30:1-4)

4.   Al-Qur’an dan Fisika
·      Rahasia Besi
“…Dan kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia…” (Al-Qur’an, 57:25)
·      Relativitas Waktu
“Allah bertanya: ‘Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?’ Mereka menjawab: ‘Kami tinggal di bumi sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung. ‘Allah berfirman: ‘Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui’.” (Al-Qur’an, 23:122-114)
·      Penciptaan yang Berpasang-pasangan
“Maha suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.” (al-Qur’an, 36:36)

5.   Al-Qur’an dan Biologi
·      Bagian Otak yang Mengendalikan Gerak Kita
“Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya, (yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka.” (Al-Qur’an, 96:15-16)
·      Setetes Mani
“Apakah manusia mengira akan dibiarkan tak terurus? Bukankah ia hanya setitik mani yang dipancarkan?” (Al-Qur’an, 75:36-37)
·      Jenis Kelamin Bayi
“Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita, dari air mani, apabila dipancarkan.” (Al-Qur’an 53:45-46)
·      Pembungkusan Tulang oleh Otot
‘Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang, lalu tulang-belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.” (Al-Qur’an, 23:14)
·      Air Susu Ibu
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua  orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (Al-Qur’an, 31:14)
·      Kelahiran Manusia
“Kami telah menciptakan kamu; maka mengapa kamu tidak membenarkan? Adakah kamu perhatikan (benih manusia) yang kamu pancarkan? Kamukah yang menciptakannya? Atukah Kami yang menciptakannya?” (Al-Qur’an, 56:57-59)
·      Campuran dalam Air Mani
“Sungguh Kami ciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur, lalu Kami beri dia (anugerah) pendengaran dan penglihatan.” (Al-Qur’an, 76:2)
“Dialah Yang menciptakan segalanya dengan sebaik-baiknya, Dia mulai menciptakan manusia dari tanah liat. Kemudian Ia menjadikan keturunannya dari sari air yang hina.” (Al-Qur’an, 32:7-8)
·      Segumpal Darah yang Menempel pada Rahim
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari ‘alaq (segumpal darah). Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah.” (Al-Qur;an, 96:1-3)
·      Tiga Tahapan Bayi dalam Rahim
“Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan Kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?” (Al-Qur’an, 39:6)
·      Tanda Pengenal Manusia pada Sidik Jari
“Apakah manusia mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-belulangnya? Ya, bahkan Kami mampu menyusun (kembali) ujung jari-jarinya dengan sempurna.” (Al-Qur’an 75:3-4)

6.   Pengetahuan Al-Qur’an
Al-Qur’an adalah kitab yang di dalamnya berisi berita yang semuanya terbukti benar. Fakta-fakta ilmiah serta berita mengenai peristiwa masa depan, yang tak mungkin dapat diketahui di masa itu, dinyatakan dalam ayat-ayatmya. Mustahil indormasi ini dapat diketahui dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi masa itu. Ini merupakan bukti nyata bahwa Al-Qur’an nukanlah perkataan manusia.

Al-Qur’an adalah kalam Allah Yang Maha Kuasa, Pencipta segala sesuatu dari ketiadaan, Dialah Tuhan yang ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Dalam sebuah ayat, Allah menyatakan dalam Al-Qur’an “Maka apakah merka tidak memperhatikan Al-Qur’an? Kalau kiranya Al-Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendaoat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (Al-Qur’an, 4:82). Tidak hanya kitab ini bebas dari segala pertentangan, akan tetapi setiap penggal informasi yang dokandung Al-Qur’an semakin mengungkapkan keajaiban kitab suci ini hari demi hari.

Apa yang menjadi kewajiban manusia adalah untuk berpegang teguh pada kitab suci yang Allah turunkan ini, dan menerimanya sebagai satu-satunya petunjuk hidup. Dalam salah satu ayat, Allah menyeru kita:
“Dan Al-Qur’an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertkwalah agar kamu diberi rahmat.” (Al-Qur’an, 6:155)
Dalam beberapa ayat-Nya yang lain, Allah menegaskan:
“Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir.” (Al-Qur’an, 18:29)

“Sekali-kali jangan (demikian)! Sesungguhnya ajaran-ajaran Tuhan itu adalah suatu peringatan maka barangsiapa yang menghendaki, tentulah ia memperhatikannya.” (Al-Qur’an, 80:11:12)




Referensi:

Tidak ada komentar: